14 Ide Kado untuk Teman yang Baru Melahirkan, Pasti Terpakai!

Ilustrasi kado @semesta ibu
Kado untuk ibu melahirkan ♡ semestaibu.com

Hayoo … siapa yang suka bingung pas beli kado untuk teman yang baru lahiran?

Kira-kira Buibu butuh kado apa ya? Soalnya, Buibu melahirkan juga pasti sudah belanja sendiri kan. Bisa-bisa nanti salah beli barang, tidak terpakai, lalu menumpuk aja di gudang.

Wah, wah, memang cukup tricky ya memilih kado untuk Buibu yang baru lahiran ini. Apalagi, kalau yang beli kado belum pernah melahirkan. Pastilah sulit membayangkan, apa yang sekiranya benar-benar diperlukan.

Hindari Memberi Kado Ini untuk Teman yang Baru Lahiran

Berpikirlah efisien dan hindari pikiran pragmatis ketika membeli kado. Soalnya, nanti bisa boros dan mubazir. Nah, berikut ini barang-barang yang sebaiknya tidak menjadi kado untuk ibu yang baru melahirkan:

1. Barang kontroversial

Pengetahuan Buibu modern sudah berkembang pesat. Ada barang-barang yang dulu biasa digunakan, sekarang jadi kontroversi yang kerap memantik terjadinya mom war di media sosial.

Misalnya, soal penggunaan baby walker, gurita bayi, sarung tangan bayi, dot, bedak bayi, pospak, dan beragam lainnya. Barang-barang itu belum tentu akan terpakai, karena kita tidak tahu, Buibu yang baru lahiran ada di kubu mana ketika mom war. Xixixi~

2. Kado mainstream

Ada barang-barang mainstream yang biasa jadi stereotip ketika membeli kado. Misalnya, satu set perlengkapan makan, perlengkapan mandi, dan baju bayi. Saking banyaknya orang yang ngasi kado sama, akhirnya ketumpuk juga.

Lagipula, baju bayi biasanya sudah beli atau dapat lungsuran. Sementara itu, produk perlengkapan mandi di pasaran bisa jadi tidak terpakai kalau kulit bayi cenderung hipersensitif.

3. Barang berkualitas buruk

Kalau milih kado, sebaiknya jangan karena murah dan berpenampilan menarik, ya. Pastikan dulu, barang tersebut sudah sesuai standar kesehatan dan keamanan.

Misalnya, hindari membeli gendongan yang tidak ergonomis (menggendong juga ada ilmunya, lho), selimut bayi kasar dengan bulu-bulu yang mudah rontok, atau sisa kado yang dulu tidak kita gunakan karena berkualitas buruk.

Intinya, kalau kita aja enggan memakainya, jangan diberi ke orang lain ya. Nanti yang menerima jadi sedih dan lagi-lagi, tidak terpakai. Huhuhu.

Karena itu, beli yang pasti-pasti aja ya, say.

Kado Paling Tepat untuk Teman yang Baru Lahiran

Kalau memungkinkan, paling mudah sih tanya saja ke Buibunya, lagi butuh apa. Tapi, kalau merasa tidak enak untuk bertanya, tenang saja.

Semesta Ibu sudah merangkum kado-kado apa saja yang pasti terpakai dan didambakan oleh Buibu yang baru melahirkan. Dan, yang penting, dapat membahagiakan Buibu dan bayinya. Xixixi~

Berikut ini 14 ide kado yang paling tepat dan bermanfaat bagi ibu yang baru melahirkan:

1. Baby stroller

Untuk beli perlengkapan bayi yang harganya terbilang mahal seperti baby stroller, Buibu akan sangat mendambakan bisa dapat dari kado. Xixixi~ Dan, biasanya, stroller jadi kado andalan dari hasil patungan temen-temen kantor Buibu atau Pakbapak.

2. Baby car seat

Seperti strollerbaby car seat juga biasanya jadi kado andalan yang disiapkan temen-temen kantor. Tapi, syarat pertama sebelum memutuskan patungan dan membeli car seat, pastikan Buibu yang baru lahiran punya mobil, ya.

3. Gendongan ergonomis

Buibu modern pastilah tahu, bahwa menggendong ada ilmunya. Cara menggendong harus memenuhi syarat TICKS (versi English) atau PELUK (versi Bahasa), agar nyaman, aman, dan berpengaruh positif bagi tumbuh kembang bayi.

Nah, dalam dunia gendong-menggendong, ada beberapa merek terkenal yang jadi andalan Buibu, dengan harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Tapi, bisa juga menggunakan woven wrap, ring sling, atau jarik, dengan ikatan dan belitan khusus.

Jadi, sebelum membeli kado gendongan, pastikan dulu gendongannya ergonomis dan bisa mendukung TICKS atau PELUK tadi ya.

Apa itu TICKS dan PELUK? Pankapan bakal dibahas di Semesta Ibu. Sabar ya, googling dulu aja. Xixi~

4. Baju menyusui

Lebih dari sekadar baju berkancing atau resleting depan, ada desain khusus untuk baju menyusui dengan bukaan yang aman dan nyaman di bagian PD.

Nah, baju menyusui dengan bahan yang adem, jahitan rapi, dan cutting yang oke, harganya lumayan mahal. Jadi, pasti Buibu yang baru melahirkan akan senang kalo dapat kado ini.

5. Peralatan laktASI

Bukan cuma Buibu karir aja yang butuh menyiapkan ASI Perah (ASIP), Buibu rumah tangga dan Buibu kuliahan juga butuh manajemen ASIP dan peralatan laktasi. Jadi, kalau mau ngasi kado, bisa berupa seperangkat alat laktasi, seperti pompa ASI, apron, cooler bag dengan insulasi maksimal, dan breast pad.

6. Clodi

Ada yang belum tahu clodi? Wajar sih, clodi belum begitu tenar di Indonesia. Baru sebagian Buibu yang pakai biar lebih hemat, sehat, dan ramah lingkungan.

Clodi atau cloth diaper, sering diterjemahin jadi popok kain. Tapi, beda sama popok kain bayi baru lahir yang diikat-ikat itu, ya.

Pemakaian clodi lebih simpel, berbentuk seperti celana dalam, dengan tampilan yang lebih modern. Clodi juga menggunakan insert, untuk menyerap pipis bayi, jadi tidak bocor ke mana-mana.

Nah, Buibu bayi pasti butuh banyak clodi, sedangkan harga satuan clodi berkualitas lumayan mahal. Jadi, clodi pas banget untuk jadi kado buat Buibu yang baru melahirkan.

Ngasi kado berupa clodi juga bisa jadi salah satu kampanye ramah lingkungan, karena akan mengurangi penggunaan pospak. Tau sendiri kan sampah pospak bagemana~

7. Sprei anti air

Masih berkaitan sama pipis bayi dan tingkah polah balita yang kadang ajaib (misalnya, menumpahkan air segayung, dengan alasan mandiin kasur), sprei anti air yang berkualitas juga pas banget untuk jadi kado Buibu lahiran.

Apalagi, meski Buibu gandrung banget gonta-ganti sprei untuk memperbaiki suasana hati, tapi jemur kasur basah mah butuh upaya lebih. Makanya, ini bakal jadi kado yang oke banget.

8. Buku parenting/pengasuhan

Untuk Buibu kutu buku yang baru lahiran, ada dua macam buku yang bisa jadi kado sempurna, yaitu buku parenting populer dan buku panduan seputar pengasuhan. Berikut ini beberapa rekomendasi buku dari Semesta Ibu:

  • Catatan Ayah ASI, oleh @ID_AyahAsi
  • @Tentanganak, oleh Joko Dwinanto
  • 5 Guru Kecilku (1 dan 2), oleh Kiki Barkiah
  • Satu paket buku Mommyclopedia, oleh dr. Meta Hanindita, Sp.A
  • Buku Pintar ASI dan Menyusui, oleh F.B. Monika
  • Berteman dengan Demam, oleh dr. Arifianto, Sp.A a.k.a dokter kecintaan Buibu modern, yaitu Dokter Apin. 

9. Buku bantal

Poin 8 isinya buku untuk Buibu dan Pakbapak, tapi kalau buku bantal ini, pas banget buat bayinya. Meski belum bisa baca, dia bakal seneng banget menyentuh serta mengamati warna-warni, tekstur, dan bentuknya. Tapi, pastikan memilih buku bantal yang berkualitas baik ya.

10. Playmat bayi

Stimulasi dini sangat penting bagi bayi. Maka, playmat atau karpet bermain untuk bayi plus segala aksesorisnya (tentu dengan label SNI), termasuk kado yang bakalan oke. Bayi anteng, Buibu pun bisa atur napas sambil selonjoran.

11. Tas perlengkapan bayi

Ketika mengajak bayi bepergian, Buibu biasanya bakal lebih rempong bawa perlengkapan bayi dan diri sendiri. Jadi, daripada kecampur-campur, pasti nyaman kalo dapat kado tas khusus perlengkapan bayi, dengan sekat-sekat dan kantong yang multifungsi.

12. Suplemen untuk ibu

Lahiran itu perjuangan antara hidup dan mati. Jadi, pasti menguras tenaga dan emosi jiwa. Padahal, masih harus menyusui, serta sehat dan bahagia biar ASI lancar jaya. Nah, karena itu Buibu bakal perlu suplemen yang tokcer.

Tapi, kalau mau buat kado, pilih yang universal saja dan biasa dikonsumsi semua orang, seperti madu, minyak ikan, saripati ayam, biji chia, susu almond, teh chamomile, dan semacamnya.

13. Stok makanan dan cemilan

Buibu yang baru lahiran, perlu makanan yang sehat dan menyenangkan. Pakbapak siaga yang ikut pontang-panting mengurus bayi dan urusan rumah, juga bakal butuh.

Apalagi, kalau Pakbapak dan Buibu sebelumnya sudah punya anak 5 atau 11. Wah, stok makanan dan cemilan pasti laris-manis.

Jadi, saat mengunjungi rumah Buibu yang baru lahiran, bisa juga kita bawain stok tambahan yang sehat dan enak, mulai dari buah-buahan, kurma, cokelat hitam, kue kering homemade, edamame, dan beragam lainnya.

14. Wewangian

Boleh wangi-wangian buat ruangan atau buat ibunya, bebas. Soalnya, Buibu baru lahiran tuh butuh banget rileks gitu.

Makanya, kalau pilih wangi-wangian buat kado, harus yang bersifat aromaterapi dan menenangkan ya. Bisa juga, berupa parfum kesukaan Buibu atau satu set humidifier + minyak esensial (essential oil). Kalau bisa, yang mirip sama aroma di spa langganan Buibu ya. Xixixi~

***

Gimana, sudah tidak bingung lagi kan? Jadi mau bawa kado apa buat Buibu yang baru lahiran?

Yang paling penting sih, ngasinya dengan kehangatan hati dan perasaan cinta yang tulus yes

Atau, ada yang punya ide kado lain?

***

Baca juga: Kenalkan, Namaku Ibu dan Aku Temanmu

One comment

Tuliskan pendapat Anda di sini. :)