Lembar Kerja Anak TK – PAUD: Menulis – Urutan Huruf (Missing Letters)

lembar kerja anak tk menulis huruf
Missing Letters Worksheet by Semesta Ibu

Silakan mengunduh lembar kerja anak TK – PAUD untuk aktivitas menulis urutan huruf, dalam format PDF, melalui tautan langsung (direct link) yang tertera di bawah.

Buibu Pakbapak juga bisa mendapatkan gambar mewarnai dengan beragam tema, flashcard anak, serta lembar kerja PAUD untuk berbagai aktivitas, dalam halaman lain di Semesta Ibu.

Selamat menjelajahi situs kami!

***

Mengingat Urutan Huruf

Tidak hanya sebagai pembentuk kata dan kalimat, huruf A-Z juga berguna sebagai urutan. Misalnya, untuk merujuk pada bagian-bagian buku, tingkatan, penamaan ruang, prosedur, sudut-sudut dalam geometri, dan sebagainya.

Karena itulah, konsep huruf sebagai urutan, perlu disampaikan pada anak sejak usia dini. Dengan begitu, anak-anak dapat memilah posisi dan fungsi huruf-huruf dalam buku, tanda, atau segala sesuatu yang mereka temukan di kehidupan sehari-hari.

Terkait hal ini, Semesta Ibu menyediakan Lembar Kerja Anak TK – Menulis & Mengingat Urutan Huruf, sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat Buibu Pakbapak gunakan dalam memperkenalkan konsep huruf sebagai urutan.

Tujuan Pembelajaran

Lembar kerja PAUD yang kami kemas dalam bentuk missing letters worksheet ini, bertujuan untuk:

  • memperkenalkan konsep huruf sebagai urutan (sequence),
  • mengasah daya ingat,
  • melatih pola pikir sistematis,
  • menstimulasi motorik halus, melalui aktivitas menebalkan (tracing) dan menulis (writing) huruf,
  • meningkatkan kemampuan kognitif.

Lembar Kerja Anak TK: Menulis – Urutan Huruf

Berikut ini gambar pratinjau, serta keterangan yang menjelaskan tentang isi dan fungsi masing-masing lembar kerja. Untuk mendapatkan lembar kerja anak TK dalam format PDF yang siap cetak, klik tautan unduh (download link) yang tertera di bawah gambar.

***

Halaman 1. Terdiri dari dua bagian, dengan cara pengerjaan yang berbeda. Pada bagian atas, anak-anak harus melengkapi susunan huruf yang berbeda pada setiap baris, dengan cara menuliskannya di rumah yang kosong. Sementara itu, anak-anak perlu melengkapi huruf yang hilang di lembar kerja bagian bawah sembari menebalkan huruf besar dan huruf kecil.

Setelahnya, Buibu Pakbapak juga dapat mengajak Nakanak mewarnai rumah yang memiliki beragam pola atap. Dengan begitu, mereka dapat menyeimbangkan kinerja otak kiri dan otak kanan, serta merangsang kreativitas.

Halaman 2. Melengkapi urutan huruf dengan lembar kerja bertema lingkungan. Anak-anak perlu menebalkan huruf besar yang tertera pada lingkaran tubuh ulat, sembari menuliskan huruf yang hilang dalam urutan. Setelah itu, anak-anak juga dapat menjadikannya sebagai gambar untuk mewarnai bunga, dedaunan, dan ulat.

Buibu Pakbapak juga dapat membahas lebih lanjut tentang ulat yang memakani dedaunan, metamorfosis ulat menjadi kupu-kupu, dan berbagai komponen alam lainnya.

Halaman 3 dan 4, dikemas dengan tema tanaman. Pada halaman 3, terdapat tambahan aktivitas berupa menebalkan huruf kecil dan huruf besar. Sementara pada halaman 4, anak-anak dapat langsung melengkapi urutan huruf, dengan menuliskannya pada pot yang kosong.

Setelah itu, biarkan anak-anak mengekspresikan diri melalui aktivitas mewarnai bunga dan dedaunan. Buibu Pakbapak juga dapat mengajak mereka mengamati tanaman-tanaman dalam pot yang ada di lingkungan sekitar.

Halaman 5. Terdapat urutan huruf yang berbeda-beda pada setiap baris. Lengkapi masing-masing barisan, dengan menuliskan huruf pada slot yang kosong.

Halaman 6. Lembar kerja dikemas sederhana, agar anak-anak lebih fokus pada aktivitas menebalkan huruf, serta melengkapi huruf-huruf yang hilang. Melalui lembar kerja ini, anak-anak juga dapat lebih mengenal huruf besar dan huruf kecil.

***

Lembar Kerja Terkait

Berikut ini media pembelajaran dari Semesta Ibu yang berkaitan dengan pengenalan huruf dan angka:

***

Catatan: Seluruh media edukasi dari Semesta Ibu boleh digunakan untuk tujuan pendidikan dan non-komersial. Mohon bagikan ke media sosial, dengan menyertakan tautan aktif menuju laman Semesta Ibu. Dan, mohon untuk tidak memublikasikan ulang media edukasi kami di situs lainnya.

Mari berbagi, mari saling menghargai.

Terima kasih.

.

2 comments

Tuliskan pendapat Anda di sini. :)