Lembar Kerja Anak TK – PAUD: Menyusun Gambar (Printable Puzzle)

Puzzle untuk anak tk
Puzzle by semestaibu.com

Buibu Pakbapak dapat mengunduh printable puzzle (jigsaw & sequence) untuk aktivitas menyusun gambar, melalui tautan unduh (direct link) yang tertera di bawah, ya.

Ada pula 101+ lembar kerja anak TK dan gambar mewarnai yang dapat Buibu Pakbapak temukan dalam halaman Menu “Free Download”.

Selamat bereksplorasi!

***

Menyusun Gambar (Puzzle)

Kemampuan persepsi visual berperan penting dalam proses belajar anak usia dini. Aspek ini berkaitan dengan pengolahan informasi dari indera penglihatan, sehingga anak-anak dapat mengidentifikasi, mengenali, dan memahami seluk-beluk objek yang mereka lihat.

Tanpa latihan khusus, sebenarnya anak-anak juga terus melatih kemampuan ini dalam kehidupan sehari-hari mereka. Namun, Semesta Ibu telah mengunggah beberapa lembar kerja anak yang fokus pada kemampuan persepsi visual, yaitu same or different dan mencocokkan gambar.

Dengan begitu, Buibu Pakbapak dapat menguji dan mengetahui sejauh mana anak-anak telah mengembangkan kemampuan mereka.

Buibu Pakbapak juga dapat turut mengasah persepsi visual anak melalui aktivitas menyusun gambar a.k.a puzzle. Metode ini terbilang komperhensif, karena dapat mengembangkan beberapa aspek sekaligus, antara lain:

  • Diskriminasi visual, dengan membedakan bentuk dan gambar dari masing-masing potongan puzzle.
  • Visual Figure Ground, ketika anak mencari potongan puzzle yang tepat di antara tumpukan puzzle lainnya.
  • Ingatan Visual, karena harus mengingat gambar utuh puzzle sebelum terpotong, dan menyusunnya kembali.
  • Pengurutan Visual, jika menggunakan puzzle sequence yang mencantumkan urutan angka, huruf, dan kata. Bisa pula mengerjakan puzzle secara berurutan dari bagian tertentu. Misalnya puzzle gambar hewan, dikerjakan dengan memasang ekor dulu, lalu badan, kemudian kepala
  • Visual Closure, dengan mengidentifikasi gambar pada masing-masing potongan puzzle, sebagai bagian dari gambar yang utuh.
  • Kesadaran Visual Spasial, ketika menghubungkan potongan-potongan puzzle dan meletakkannya pada posisi yang tepat dalam ruang gambar 2D.
  • Koordinasi Motorik Visual, terutama motorik halus, karena anak harus mengambil potongan puzzle, dan menyusunnya dengan hati-hati.

Lengkap, bukan?

Karena itu, untuk melengkapi keberagaman media edukasi yang sudah jadi andalan Buibu Pakbapak, Semesta Ibu juga menghadirkan printable puzzle. Jadi, alih-alih hanya menyusun gambar, Buibu Pakbapak juga dapat mengajak Nakanak berkreasi dengan DIY (do it yourself).

Pratinjau Puzzle

  • Dalam halaman ini, Buibu Pakbapak dapat mengunduh 5 gambar, dengan 13 variasi potongan puzzle.
  • Variasi potongan puzzle, terdiri dari jigsaw, kotak, dan random. Ada pula yang mencantumkan urutan angka dan huruf dalam kata.
  • Jumlah dan bentuk potongan puzzle berbeda-beda, agar Buibu Pakbapak dapat memilih puzzle yang sesuai dengan kemampuan anak-anak, dan tingkat kemudahan ketika DIY.
  • Ada pula gambar yang kami lampirkan tanpa garis bantu, agar Buibu Pakbapak dapat memotongnya sesuai keinginan.
  • Buibu Pakbapak dapat mencetak puzzle pada kertas tebal, atau menempelkan gambar pada karton duplex/kardus.
  • Buibu Pakbapak juga bisa mencetak gambar pada kertas biasa dan menjadikannya sebagai aktivitas menggunting dan menempel.

Tujuan Pelaksanaan Aktivitas

  • mengasah kemampuan persepsi visual,
  • menstimulasi motorik halus,
  • merangsang kreativitas,
  • meningkatkan motivasi belajar.

Unduh Lembar Kerja Anak: Menyusun Gambar (Puzzle)

Untuk mendapatkan printable puzzle dalam format PDF dengan resolusi yang optimal untuk dicetak, klik tautan di bawah masing-masing gambar pratinjau.

Lembar kerja paud tema binatang menyusun gambar puzzle
Download link: Puzzle Hewan – Gajah
Lembar kerja anak tk tema tanaman menyusun gambar puzzle
Download link: Puzzle Bunga Matahari
Lembar kerja paud menyusun gambar puzzle
Download link: Puzzle Hewan – Penyu
Lembar kerja paud menyusun gambar puzzle
Download link: Puzzle Hewan – Ikan
Lembar kerja paud menyusun gambar puzzle
Download link: Puzzle Buah – Lemon

***

Semesta Ibu telah mengunggah media edukasi lain, berupa:

Catatan: Buibu Pakbapak boleh mengunduh dan menggunakan seluruh media edukasi dari Semesta Ibu untuk tujuan pendidikan dan non-komersial. Mohon sertakan link aktif menuju situs Semesta Ibu, jika hendak membagikannya di media sosial. Namun, kami himbau untuk tidak mempublikasikan media edukasi kami di situs lain, tanpa seizin kami.

Mari berbagi, mari saling menghargai.

Tuliskan pendapat Anda di sini. :)