Lembar Kerja Anak TK – PAUD: Menulis Kata (Tracing & Writing)

Lembar kerja anak tk menulis
Tracing & Writing Worksheet by semestaibu.com

Selamat datang. Buibu Pakbapak dapat mengunduh Lembar Kerja Anak TK – PAUD: Berlatih Menulis Kata dengan format PDF, melalui tautan langsung (direct link) yang tertera di bawah ya.

Ada pula lembar kerja anak usia dini untuk beragam aktivitas, serta gambar untuk mewarnai pada halaman lain di Semesta Ibu.

Silakan mampir.

***

Latihan Menulis

Kemampuan menulis berkaitan erat dengan perkembangan motorik halus. Dan, untuk memberi stimulasi motorik halus pada anak usia dini, Buibu Pakbapak dapat mengajak mereka mengerjakan berbagai aktivitas, antara lain:

Namun, secara spesifik, untuk melatih kemampuan menulis, anak-anak juga perlu menghafal bentuk dan cara penulisan masing-masing simbol. Salah satu cara yang sering digunakan, yaitu melalui tracing atau menebalkan.

Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan Buibu Pakbapak terhadap media edukasi yang mendukung proses belajar menulis bagi anak-anak, Semesta Ibu telah menyediakan tracing worksheet, yang terdiri dari: menebalkan angka 1-10, menebalkan huruf A-Z, dan menulis huruf hijaiyah.

Agar lebih lengkap dan komperhensif, kami juga menyajikan lembar kerja anak TK/PAUD untuk berlatih menulis kata, berupa nama hewan, buah, bulan, dan objek di lingkungan sekitar. Dengan begitu, pembelajaran menjadi lebih seru dan menyenangkan, karena anak-anak sudah familiar dengan makna kata yang mereka tuliskan.

Pratinjau Lembar Kerja

Untuk mengoptimalkan fungsinya, berikut ini gambaran umum dan poin-poin penting terkait lembar kerja yang perlu Buibu Pakbapak ketahui:

  • Pada halaman ini, terdapat 7 lembar kerja anak untuk berlatih menulis, dengan cara menebalkan huruf-huruf yang terangkai menjadi kata, dan lalu menuliskannya secara mandiri.
  • Proses belajar akan lebih optimal, jika lembar kerja ini dikerjakan oleh anak-anak yang sudah bisa membaca atau sedang berlatih membaca.
  • Bagi anak-anak yang belum mahir membaca, Buibu Pakbapak dapat memotivasi mereka untuk semakin giat berlatih, agar dapat mengetahui makna dari kata yang mereka tuliskan.
  • Masing-masing lembar kerja dilengkapi dengan gambar objek dan narasi yang berbeda, untuk mengembangkan aspek-aspek pembelajaran.
  • Seluruh lembar kerja dalam halaman ini boleh diunduh dan digunakan untuk tujuan pendidikan. Mohon disebarkan dengan cara membagikan tautan menuju situs Semesta Ibu.

Tujuan Pembelajaran

Penggunaan lembar kerja anak untuk aktivitas menulis kata dalam halaman ini, bertujuan untuk:

  • stimulasi motorik halus,
  • mengasah keterampilan menulis, serta
  • meningkatkan kemampuan membaca dan memaknai kata.

Lembar Kerja Anak TK: Menulis Kata

Berikut ini gambar pratinjau dan saran pelaksanaan aktivitas untuk masing-masing halaman. Jika Buibu Pakbapak hendak mengunduh lembar kerja anak dalam format PDF, klik tautan langsung (direct link) yang tertera di bawah gambar.

Monggo.

***

Halaman 1. Lembar kerja menulis dengan tema lingkungan. Tebalkan nama-nama objek yang tertera, kemudian tuliskan pada baris yang masih kosong. Buibu Pakbapak juga dapat mengajak anak-anak untuk mengamati komponen-komponen lain yang ada di sekitar rumah atau sekolah. Bebaskan pula jika mereka ingin mewarnai gambar bunga, pohon, dan objek lainnya dalam lembar kerja.

Halaman 2. Berisi nama-nama bulan dalam satu tahun. Anak-anak dapat menebalkan nama bulan di bagian kiri, kemudian menuliskannya ulang pada bagian kanan. Setelah anak-anak menyelesaikan aktivitas, Buibu Pakbapak juga dapat membahas lebih jauh tentang pergantian bulan dan seluk-beluk kalender masehi.

Halaman 3. Objek berupa hewan yang dekat dengan peradaban manusia. Tebalkan nama-nama hewan pada lembar kerja sebelah kiri. Kemudian, identifikasi gambar pada lembar kerja di sebelah kanan. Dan lalu, tuliskan nama hewan yang tepat, dengan meniru tulisan yang telah ditebalkan.

Urutan hewan yang berbeda (antara kanan dan kiri), dapat mengasah kemampuan persepsi visual, karena anak-anak harus mengidentifikasi ilustrasi dan mencari pasangan gambar yang serupa.

Setelah proses pengerjaan selesai, ajak anak-anak menyebutkan daftar hewan yang sering kali mereka lihat dalam kehidupan sehari-hari. Buibu Pakbapak juga dapat mengajak mereka keluar, untuk melakukan pengamatan.

Lembar kerja anak tk menulis nama hewan
Download link: Hewan di Sekitar Kita

Halaman 4. Gambar tertera merupakan hewan-hewan yang hidup di alam atau penangkaran (hitam-putih). Cara pengerjaan sama seperti halaman 3, namun dengan topik diskusi yang berbeda.

Buibu Pakbapak dapat membahas tentang:

  • daftar hewan yang selayaknya hidup di alam bebas, dan bukan menjadi hewan peliharaan,
  • hewan-hewan langka dan penyebab kelangkaan mereka (kerusakan habitat, perburuan, dan sebagainya).
  • habitat dari masing-masing hewan yang ada di lembar kerja,
  • alasan penempatan hewan liar di kebun binatang atau penangkaran,
  • dan sebagai topik lainnya.

Untuk melengkapi bahan diskusi, Buibu Pakbapak dapat menggunakan buku atau video yang membahas perihal hewan di alam liar. Selain itu, bebaskan pula jika anak-anak ingin mewarnai gambar hewan yang ada pada lembar kerja.

Lembar kerja anak tk menulis - tema hewan
Download link: Hewan di Alam Liar

Halaman 5 dan 6. Berisi nama dan ilustrasi buah, agar anak-anak cukup familiar, dan bisa merujuk pada buah asli yang ada di rumah. Terdapat lembar kerja berwarna (halaman 5) yang terlihat lebih semarak, dan ada pula yang hitam-putih (halaman 6) untuk aktivitas mewarnai gambar buah.

Buibu Pakbapak dapat mengembangkannya menjadi diskusi tentang buah favorit anak, manfaat mengonsumsi buah, atau aneka buah yang pernah menjadi santapan mereka.

Lembar kerja anak tk menulis - nama buah
Download link: Menulis Nama Buah (FC)
Lembar kerja anak tk menulis - tema buah
Download link: Menulis Nama Buah (BW)

Halaman 7. Selain aktivitas menebalkan dan menulis kata, anak-anak juga perlu menganalisis warna pada lembar kerja, sesuai nama dan visualnya. Buibu Pakbapak juga dapat mengembangkannya menjadi diskusi tentang warna kesukaan, pelangi, warna-warna benda, dan sebagainya.

menulis dan mewarnai - mengenal warna
Download link: Menulis dan Mewarnai

***

Untuk melengkapi media edukasi yang Buibu Pakbapak gunakan dalam proses belajar anak usia dini, kami juga telah mengunggah:

Selamat bergembira bersama anak-anak!

Tuliskan pendapat Anda di sini. :)