Lembar Kerja Anak TK – PAUD: Mengingat Urutan Angka (Missing Numbers 1–30)

lembar kerja tk - berhitung - urutan angka
Missing Numbers Worksheet by Semesta Ibu

Selamat datang. Buibu Pakbapak dapat mengunduh Lembar Kerja Anak TK/PAUD: Mengingat Urutan Angka (Missing Numbers Worksheet) pada tautan unduh yang tertera di bawah.

Buibu Pakbapak juga dapat menemukan lembar kerja anak untuk aktivitas lainnya dan gambar-gambar untuk mewarnai pada halaman “Free Download”.

Monggo pinarak.

Mohon tinggalkan komentar atau like sebagai feedback untuk kami, ya.

***

Mengingat Urutan Angka

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tak pernah lepas dari angka-angka. Jumlah, dimensi, harga, hingga antrian, kita pahami dan sepakati melalui konsep numerik.

Maka, sangat penting bagi para pendidik untuk menyampaikan materi terkait angka dan bilangan pada anak usia dini. Baik menggunakan benda-benda riil, maupun soal-soal pada lembar kerja anak.

Dan, jika Buibu Pakbapak telah menggunakan Lembar Kerja Berhitung dan I Spy Game untuk memahami angka sebagai jumlah dan besaran, kini Semesta Ibu menyajikan Missing Numbers Worksheet untuk memahami angka sebagai urutan (sequence).

Konsep ini terbilang sangat krusial, karena akan teraplikasikan dalam berbagai hal, antara lain:

  • penentuan giliran atau antrian,
  • mengikuti langkah-langkah prosedur,
  • membentuk deret,
  • dan sebagainya.

Pratinjau Lembar Kerja

Berikut ini gambaran umum dan poin-poin penting yang perlu Buibu Pakbapak perhatikan terkait Lembar Kerja Anak TK/PAUD – Mengingat Urutan Angka 1-30 dari Semesta Ibu:

  • Terdapat 7 lembar kerja anak untuk mengenal konsep urutan, dengan cara mengisi angka yang hilang dalam suatu deret.
  • Lembar kerja anak dalam halaman ini, dapat digunakan untuk anak-anak yang sudah bisa menulis angka, atau telah berlatih menebalkan angka.
  • Bagi anak-anak yang belum mahir menulis, Buibu Pakbapak dapat menuntunnya, atau menuliskan angka-angka pada potongan kertas kecil, untuk mereka tempelkan di lembar kerja.
  • Terdapat saran pelaksanaan aktivitas yang berbeda-beda untuk setiap lembar kerja (lihat keterangan pada gambar di bawah).
  • Seluruh lembar kerja boleh diunduh dan digunakan untuk tujuan non-komersial. Mohon disebarkan dengan tetap mencantumkan sumber.

Tujuan Pembelajaran

Penggunaan lembar kerja anak untuk mengingat urutan angka ini, bertujuan untuk:

  • melatih anak untuk berpikir lebih sistematis,
  • menstimulasi motorik halus melalui aktivitas menulis,
  • meningkatkan kemampuan kognitif,
  • mengasah daya ingat, dan
  • mengenalkan konsep-konsep terkait angka dan bilangan.

Lembar Kerja TK/PAUD: Urutan Angka 1–30

Berikut ini gambar pratinjau dan keterangan yang berisi saran pelaksanaan aktivitas untuk masing-masing halaman. Untuk mengunduh lembar kerja dengan resolusi yang optimal, klik tautan unduh (download link) yang tertera di bawah gambar.

Silakan.

***

Halaman 1: Berisi gambar sederet rumah dengan angka-angka. Isi rumah yang kosong, dengan angka yang tepat, sesuai urutan pada setiap baris. Kemudian, ajak Nakanak mewarnai gambar rumah, untuk merangsang kreativitas, serta menyeimbangkan kinerja otak kiri dan otak kanan.

Kognitif lembar kerja anak tk - missing numbers worksheet - urutan angka - lembar kerja tk
Download link: Nomor Rumah

Halaman 2: Terdapat 4 gambar kereta dengan gerbong yang berisi angka 1-10. Lengkapi angka-angka yang hilang, dengan menghitung maju (dari 1) ataupun menghitung mundur (dari 10). Lalu, warnai gambar kereta, sesuai kreativitas Nakanak.

Buibu Pakbapak juga dapat membahas lebih lanjut perihal transportasi atau pengalaman Nakanak ketika melihat atau menaiki kereta. Aktivitas ini juga dapat dilanjutkan dengan gambar mewarnai kendaraan, melihat kereta pada buku atau video, atau membuat prakarya berbentuk kereta.

missing numbers worksheet - urutan angka - lembar kerja tk
Download link: Kereta Angka 1-10

Halaman 3: Melengkapi deret angka 1-15, dengan penomoran pada pot tanaman. Setelah menulis angka pada pot yang kosong, Nakanak dapat mewarnai bunga dan tanaman pada lembar kerja.

Untuk aktivitas sensorik, Buibu Pakbapak juga dapat menggunakan botol bekas atau gelas plastik yang diberi nomor, dan meminta Nakanak untuk membuat barisan sesuai urutan angkanya.

Lembar kerja anak tk tema tanaman
Download link: Pot Angka 1-15

Halaman 4 dan 5: Lembar kerja dibuat lebih sederhana, agar Nakanak lebih fokus pada deretan angka, dan aktivitas mengisi kotak kosong dengan angka yang tepat.

lembar kerja berhitung anak tk 1-30
Download link: Menulis Angka 1-30
lembar kerja tk berhitung 1-30
Download link: Berhitung 1-30

Halaman 6 dan 7: Selain mengisi angka-angka yang hilang antara 1-30, Nakanak juga dapat menghitung jumlah bunga dan daun pada lembar kerja. Kemudian, ajak Nakanak membubuhkan aneka warna pada bunga dan daun, bersama Buibu Pakbapak.

***

Untuk melengkapi khasanah Buibu Pakbapak dalam pendidikan anak usia dini, kami juga telah mengunggah:

  1. Lembar Kerja TK/PAUD untuk berbagai aktivitas,
  2. Gambar mewarnai hewan, pemandangan, rumah, dan beragam tema lainnya.
  3. Flashcard anak, mulai dari angka, mengenal huruf A-Z, hingga huruf hijaiyah.

Selamat beraktivitas!

Tuliskan pendapat Anda di sini. :)