Lembar Kerja Anak (TK/PAUD)

Lembar kerja anak tk - lembar kerja paud - semesta ibu

Kumpulan Lembar Kerja Anak Usia Dini (TK/PAUD) dari Semesta Ibu ini, kami dedikasikan untuk para pendidik di seluruh Nusantara. Seluruhnya, dengan desain yang premium, dan dapat diunduh gratis, secara legal!

***

Halaman ini berisi daftar tautan yang merujuk ke semua Lembar Kerja Anak Usia Dini (TK/PAUD) dari Semesta Ibu. Materi-materi siap pakai, yang dapat Buibu Pakbapak unduh gratis dan cetak sendiri.

(InsyaaAllah) Lembar Kerja Anak yang tertera, akan kami perbarui setiap 1-3 hari sekali. Jadi, silakan hadir kembali jika ingin mendapat update, serta doakan Ibu En selalu sehat dan bahagia yaaa. Biar bisa konsisten mengisi situs ini.

Kami juga membuka kesempatan, jika Buibu dan Pakbapak mau minta kami membuatkan lembar kerja untuk aktivitas lainnya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar dan share artikel kami (jika berkenan). Lagi-lagi, gratis, kok!

Karena, kami yakin, bahwa seluruh Nakanak Indonesia berhak atas lembar kerja yang apik, efisien, dan efektif untuk menunjang tumbuh kembang mereka. Jadi, kami ingin sedikit saja, berkontribusi dengan membuat kumpulan lembar kerja ini, sesuai kemampuan kami.

Dan, untuk mendukung kegiatan belajar oleh Buibu Pakbapak, pada setiap artikel kami sertakan tujuan pembelajaran, pratinjau lembar kerja, dan saran pelaksanaan aktivitas untuk masing-masing lembar kerja.

Desain pun kami upayakan se-efektif dan se-efisien mungkin, agar Nakanak bisa mendapatkan stimulasi secara optimal. Selain itu, Buibu Pakbapak pun tidak perlu boros-boros ketika mencetak lembar kerja anak, karena dalam satu lembar, sudah mencakup aktivitas untuk satu sesi pembelajaran.

Setelah itu, Buibu dapat menyatukannya dalam satu binder aktivitas, menjadi bentuk dokumentasi yang cantik dan menarik.

Efektif untuk anak, hemat untuk guru dan orang tua, estetis pula! ^^

Lembar Kerja Anak – TK/PAUD

Yuk, Buibu Pakbapak bisa mengunduh lembar kerja anak TK/PAUD dari Semesta Ibu, dari tautan di bawah gambar pratinjau (preview).

Caution: Jangan simpan gambarnya ya, hehe. Untuk mendapat resolusi yang apik ketika dicetak, Buibu Pakbapak perlu merujuk ke tautan yang tertera di bawah masing-masing gambar. Silakan.

Latihan Menulis

Terdiri dari latihan menulis huruf dan latihan menulis angka, dengan cara menebalkan a.k.a tracing. Melalui latihan ini, Nakanak akan mendapatkan stimulasi motorik halus dan latihan memegang alat tulis, sembari mengenal abjad dan angka.

Selain itu, ada pula ilustrasi yang mendukung aktivitas lain dalam setiap halaman, seperti menghitung objek, mewarnai gambar, dan fonik.

Menebalkan Huruf (Letter Tracing)

Kami menyediakan dua jenis lembar kerja menebalkan huruf, yaitu:

  • Pengenalan, dengan 10 lembar kerja untuk latihan menulis huruf A-Z dalam setiap halaman
  • Intensif, melalui 26 lembar kerja latihan menulis huruf besar dan huruf kecil dari Aa sampai Zz, agar anak-anak lebih fokus mempelajari cara penulisan masing-masing huruf pada setiap halaman.

Berikut ini gambaran dari masing-masing lembar kerja menebalkan huruf:

lembar kerja anak tk - lembar kerja paud - usia dini - menebalkan huruf

Download link: Menebalkan Huruf A-Z

lembar kerja anak tk - lembar kerja paud - usia dini - menebalkan huruf

Download link: Menebalkan Huruf (Intensif) A-L

lembar kerja anak tk - lembar kerja paud - usia dini - menebalkan huruf

Download link: Menebalkan Huruf (Intensif) M-Z

Menebalkan Angka (Number Tracing)

Saat ini, baru tersedia lembar kerja untuk menebalkan angka (number tracing worksheet), dengan rentang 1-10. Sementara untuk 11-50, masih dalam proses pengerjaan. ^^

lembar kerja anak tk - lembar kerja paud - usia dini - menebalkan angka

Download link: Latihan Menulis Angka 1-10

Latihan Menggambar

Masih seputar stimulasi motorik halus dan memegang alat tulis, ada pula lembar kerja untuk aktivitas menggambar bentuk, menebalkan garis, dan menghubungkan titik. Lembar kerja dilengkapi dengan multi-aktivitas dan gambar-gambar mewarnai yang menarik untuk Nakanak, sehingga dapat membuat proses belajar lebih semarak dan menyenangkan.

Menebalkan Bentuk (Shape Tracing)

Terdiri dari 7 lembar kerja yang didesain untuk mendukung aktivitas menggambar bentuk, sekaligus belajar tentang geometri, berhitung, serta menggabungkan bentuk-bentuk menjadi suatu gambar yang utuh.

lembar kerja anak tk - lembar kerja paud - usia dini - menebalkan bentuk - menggambar bentuk

Download link: Menggambar Bentuk

Menebalkan Garis (Line Tracing)

Berisi 9 lembar kerja menebalkan garis yang mengandung narasi menarik, serta gambar-gambar mewarnai. Kumpulan lembar kerja anak ini dapat menjadi sarana bercerita, sekaligus mengembangkan kreativitas anak-anak usia dini.

lembar kerja anak tk - lembar kerja paud - usia dini - menebalkan garis

Download link: Menebalkan Garis

Menghubungkan Titik (Dot to Dot)

Meski hanya terdiri dari 5 lembar kerja, namun setiap halaman dirancang untuk mendukung aktivitas belajar yang efisien dan efektif. Masing-masing halaman juga memiliki spot-spot untuk mewarnai, serta narasi yang menarik.

Jadi, selain stimulasi motorik halus dari aktivitas menghubungkan titik, Nakanak juga dapat mengembangkan kemampuan verbal, kreativitas, sekaligus mengingat urutan abjad dan angka pada titik-titik yang mereka hubungkan. Materi ajar yang padat, sekaligus menyenangkan bagi Nakanak.

lembar kerja anak tk - lembar kerja paud - usia dini - menghubungkan titik

Download link: Menghubungkan Titik

Logika dan Matematika

Alih-alih kaku dan memusingkan, materi pembelajaran logika dan matematika untuk anak usia dini, haruslah atraktif, interaktif, dan menyenangkan. Karena itu, lembar kerja anak dari Semesta Ibu, telah didesain sedemikian rupa untuk menarik minat Nakanak dan membuat kegiatan belajar jadi lebih ceria.

Berhitung (Counting)

Tersedia 12 lembar kerja untuk aktivitas berhitung 1-10, yang terdiri dari 6 halaman hitam putih (BW) dan 6 halaman berwarna (FC). Untuk mengoptimalkan pembelajaran, lembar kerja ini dikemas sangat apik, dengan visual yang menarik dan tematik. Ada kehidupan bawah laut, tanaman, geometri, dan objek sehari-hari.

lembar kerja berhitung anak tk - lembar kerja paud - usia dini

Download link: Lembar Kerja Berhitung 1-10

I Spy Game

Selain menggunakan lembar kerja di atas, Buibu Pakbapak juga dapat mengajari Nakanak berhitung melalui permainan amati – hitung – warnai, atau yang lebih populer dengan sebutan I Spy Game.

Seru banget, lho. Buibu pakbapak wajib coba!

lembar kerja anak tk - lembar kerja paud - usia dini - berhitung mewarnai

Download link: I Spy Game (Amati – Hitung – Warnai)

Melengkapi Pola (Pattern Recognition)

Walau terlihat sederhana, aktivitas melanjutkan pola menjadi langkah awal bagi anak, sebelum belajar tentang deret aritmatika dan deret geometri di tingkat lanjut. Lembar kerja TK – PAUD ini juga dapat mengasah kemampuan Nakanak untuk berpikir kritis dalam memahami suatu konsep, dengan cara yang seru dan menarik.

lembar kerja anak tk - lembar kerja paud - usia dini - pola urutan

Download link: Melanjutkan Pola

Gunting & Tempel

Seperti permainan. aktivitas gunting tempel dapat menjadi metode yang menyenangkan bagi anak usia dini. Melalui aktivitas ini, Naknak akan bertindak lebih aktif, sehingga dapat menyerap materi dengan optimal.

Sortir (Sorting)

Latih Nakanak untuk memilah informasi sesuai konteks, melalui aktivitas sortir. Nakanak juga dakan mendapatkan stimulasi motorik halus, karena lembar kerja ini menggunakan konsep gunting & tempel.

lembar kerja anak tk - lembar kerja paud - usia dini - gunting tempel sortir

Download link: Gunting & Tempel – Sortir

Memahami Ukuran

Untuk dapat berpikir lebih objektif, Nakanak perlu berlatih memberi penilaian berdasarkan perbandingan dan acuan yang jelas. Lembar kerja untuk memahami ukuran ini juga berguna sebagai awal pengenalan ruang dan dimensi, serta pengembangan kecerdasan spasial Nakanak.

Namun, saat ini baru tersedia lembar kerja untuk mengenal ukuran tinggi-pendek. Sementara besar-kecil, banyak-sedikit, dan perbandingan lainnya akan segera kami lengkapi.

Tinggi vs Pendek (Short or Tall)

Bukan sekadar istilah tinggi-pendek, 5 lembar kerja dari Semesta Ibu juga didesain untuk simulasi pengukuran, perbandingan ukuran objek, stimulasi motorik halus, serta pengembangan kreativitas anak.

lembar kerja anak tk - lembar kerja paud - usia dini - ukuran tinggi pendek

Download link: Mengenal Ukuran Tinggi – Pendek

Kecerdasan Visual

Kembangkan kecerdasan visual Nakanak, melalui lembar kerja TK/PAUD yang menarik minat, memperkaya pengalaman visual, dan merangsang kreativitas mereka.

Diskriminasi Visual (Same or Different)

Terdapat 7 lembar kerja anak untuk melatih diskriminasi visual, yang mendukung stimulasi komperhensif, melalui aktivitas gunting tempel, berhitung, mengenal jenis-jenis buah, geometri, dan gambar untuk mewarnai.

Lembar kerja anak - visual

Download link: Mengasah Diskriminasi Visual

***

Halaman ini akan terus diperbarui jika kami sudah mengunggah lembar kerja anak terbaru. So, stay tune ya, Buibu Pakbapak!