Lembar Kerja Anak TK – PAUD: Persepsi Visual (Mencocokkan Gambar)

Matching Picture Worksheet by Semesta Ibu

Silakan mengunduh Lembar Kerja Anak TK/PAUD untuk mengasah kemampuan persepsi visual, melalui aktivitas Mencocokkan Gambar, pada tautan di bawah ya, Buibu Pakbapak.

Ada pula beragam lembar kerja anak usia dini dan gambar mewarnai anak pada halaman lain di Semesta Ibu.

Silakan mampir.

***

Aktivitas Mencocokkan Gambar

Dalam unggahan sebelumnya (Same or Different Worksheet), kami telah menyampaikan informasi singkat mengenai diskriminasi visual dan fungsinya bagi anak usia dini.

Nah, masih berkaitan dengan unggahan tersebut, Buibu Pakbapak juga dapat mengasah berbagai kemampuan persepsi visual anak, melalui lembar kerja untuk aktivitas mencocokkan gambar.

Terlebih, lembar kerja dari Semesta Ibu, dapat mengakomodasi berbagai detail kegiatan, agar stimulasi menjadi lebih efisien. Terutama, jika Buibu Pakbapak aktif terlibat dan mengarahkan Nakanak selama proses belajar.

Berikut ini aspek-aspek penting yang terkandung dalam Lembar Kerja Anak TK/PAUD: Mencocokkan Gambar dari Semesta Ibu:

Halaman 1 dan 2: Separuh Bagian Objek

  • Mengasah kemampuan visual closure, dengan menganalisis dan mengidentifikasi separuh bagian dari tubuh hewan dan vas bunga.
  • Menguatkan ingatan dan diskriminasi visual, ketika mencari potongan gambar yang sesuai, dan memasangnya di tempat yang tepat.
  • Melatih kemampuan koordinasi motorik visual, melalui aktivitas menggunting dan menempel, dengan mengikuti garis bantu.
  • Meningkatkan kesadaran visual spasial, ketika merekatkan potongan gambar pada posisi yang tepat dalam ruang (kotak) yang tersedia, serta mewujudkannya menjadi gambar objek yang utuh.
  • Mengembangkan pengetahuan dan kemampuan visualisasi, dengan mengenali jenis-jenis hewan melalui gambar (halaman 1).
  • Buibu Pakbapak juga dapat mengajak Nakanak untuk melihat objek dalam wujud yang nyata, untuk memperluas cakrawala mereka.

Halaman 3: Pasangan Huruf dan Angka

  • Mengasah ingatan dan diskriminasi visual, ketika mencari pasangan huruf besar-kecil dan angka yang sesuai.
  • Menstimulasi motorik halus dan koordinasi motorik visual, melalui aktivitas menggunting pada garis bantu, dan merekatkannya dalam kotak yang sesuai.
  • Menguatkan kesadaran visual spasial, saat merekatkan potongan kertas dalam ruang yang tersedia, dengan baik dan benar.
  • Mengembangkan kemampuan pengurutan visual, dengan mencari pasangan huruf dan angka secara berurutan dan sistematis, sesuai arahan Buibu Pakbapak.
  • Mengenal dan menghafalkan bentuk huruf besar dan huruf kecil.

Halaman 4 dan 5: Siluet Objek

  • Melatih kemampuan diskriminasi visual dan visual closure, ketika menganalisis bentuk siluet dan mencari pasangan objek yang tepat.
  • Menstimulasi motorik halus dan kesadaran visual spasial, dengan menarik garis lurus antara dua titik yang menghubungkan gambar objek dengan siluetnya.

Halaman 6: Dua Objek yang Sejenis

  • Mengembangkan pengetahuan dan kemampuan visualisasi, dengan melakukan identifikasi gambar objek, beserta klasifikasinya (buah, hewan, kendaraan, daun, bola, tanaman, dan huruf).
  • Stimulasi motorik halus dan meningkatkan kesadaran visual spasial, ketika menghubungkan dua objek sejenis dengan menarik garis lurus, berdasarkan arah dan jarak yang tepat..

Halaman 7: Mencocokkan Bentuk

  • Stimulasi motorik halus, koordinasi motorik visual, dan kesadaran visal spasial, melalui aktivitas meggunting dan menempel bentuk, pada posisi yang tepat, di ruang yang tersedia.
  • Mengenal dan menghafalkan nama-nama bentuk dalam geometri.

Selain menggunakan lembar kerja, ada baiknya Buibu Pakbapak juga mengembangkan kemampuan persepsi visual Nakanak melalui aktivitas yang lebih atraktif, seperti:

  • bermain puzzle,
  • mencari pasangan kaos kaki,
  • mengelompokkan warna orbeez, lego, atau building block,
  • mengelompokkan objek, sesuai bentuk,
  • mengidentifikasi perbedaan di antara dua objek,
  • dan sebagainya.

Lembar Kerja Anak: Mencocokkan Gambar

Berikut ini hanya gambar-gambar pratinjau (preview). Apabila Buibu Pakbapak hendak mengunduh lembar kerja dengan resolusi yang optimal untuk dicetak, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik download link yang tertera di bawah masing-masing gambar.
  2. Simpan gambar atau download image dengan resolusi maksimal yang terpampang pada halaman semestaibufile.

Silakan, Buibu Pakbapak.

(Perhatian: Dukung perkembangan situs kami dengan memberikan “Like” dan menulis komentar sebagai feedback ya, Buibu Pakbapak. Terima kasih.)

mencocokkan gambar untuk anak tk - lembar kerja persepsi visual - visual closure
Download link: Separuh Bagian Vas Bunga
lembar kerja siluet daun - mencocokkan gambar
Download link: Siluet Daun
lembar kerja siluet bentuk - mencocokkan gambar
Download link: Siluet Bentuk

Perhatian: Dukung perkembangan Semesta Ibu dengan memberikan “Like” dan menulis komentar sebagai feedback ya, Buibu Pakbapak. Terima kasih.

Selamat mengunduh!

***

Catatan: Buibu Pakbapak bebas menggunakan dan menyebarkan seluruh lembar kerja anak dan gambar mewarnai dari Semesta Ibu untuk tujuan non-komersial. Namun, kami menghimbau, agar Buibu Pakbapak selalu mencantumkan sumber, agar orang lain dapat merujuk langsung ke Semesta Ibu, dan mendapatkan manfaat lebih banyak dari unggahan lainnya.

Buibu Pakbapak juga dapat membantu kami menebar kebaikan lebih luas, dengan membagikan tautan (link) menuju 2 halaman penting di situs Semesta Ibu, yaitu:

  1. Artikel, seputar parenting dan gaya hidup keluarga.
  2. Lembar Kerja Anak, merujuk ke seluruh lembar aktivitas anak usia dini, gambar mewarnai, dan flashcard anak yang dapat diunduh gratis, secara legal.

Salam hangat, dan terima kasih, Buibu Pakbapak yang baik hati.

Tuliskan pendapat Anda di sini. :)